TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL MINGGU KE 6

TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL MINGGU KE 6
NAMA KELOMPOK      :    Roby Aditya Negara
                                                Alija Izza Topik
                                                Heru Gunawan

KELAS                          :           1EB20

1      JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
Perbedaaan pasar dengan pemasaran adalah
Pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu , berdaya beli dan berminat merealisasikan pembelinya.Sedangkan pemasaran kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit / nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa,menetapkan harga,mendistibusikan,serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

   BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
     *JENIS PASAR INDUSTRi
      *PASAR PENJUAL
     Contoh jenis pasar industry :
·         Pabrik Kertas
·         Pabrik sandal
·         Pabrik Tahu
·         Pabrik plastic
·         Pabrik benang
   Contoh jenis pasar penjual
·         Membeli beberapa mobil untuk disewakan kembali ke konsumen
·         Grosir sepatu
·         Grosir Helm
·         Grosir Buah
·         Grosir aksesoris

3   JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG  / JASA UNIVERSAL BAGAIMANA                       MEMASARKANNYA  (BERDASARKAN 4 P )   

 Disetiap kita ingin memulai usaha pasti menggunakan konsep marketing 4P, yaitu product, price, place, promotion untuk mengembangkan dan memajukan  usaha yang akan kita mulai . Sebagai contoh kita menjual produk iphone Apple ,siapa yang tidak tahu dengan smartphone satu ini ,Hp canggih dan pintar ini menggunakan system operasi IOS .Untuk memajukan usaha ini kita harus menggunakan konsep marketing 4P
§  Pertama Product (Produk),produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar umumnya menjadi langkah paling awal. Ide mengenai produk bisa didapatkan dari beberapa sumber.Kita telah memilih untuk menjual produk dari apple kita tahu bahwa produk selain apple banyak seperti Samsung,BlackBerry,Nokia,dan lain-lain.Apple merupakan produk yang sangat tepat karena kecanggihan dan kepintaran dari hp ini disbanding dengan produk lain.
§  Kedua Price (Harga), Setiap produk memiliki berbagai komponen biayanya sendiri,seperti Iphone Apple ini,memang dari sisi harga hp ini banyak digunakan dikalangan atas ini seimbang dengan aplikasi dan kepintaran dari hp ini.
§  Ketiga Placement (Tempat) ,hal ini sangat penting untuk penjualan yang akan kita jual demi kemajuan usaha kita .Kita harus memilih tempat yang strategis dalam menjual produk dari Apple ini,seperti pemasaran produk iphone apple ini dilakukan di Mall" yang "berimage" mewah dan mahal. sebagai contoh di kota bandung, tempat pemasaran dilakukan di Mall Paris Van java
§  Keempat Promotion (Promosi), kita dapat melakukan promosi melalui  Media Internet, Brosur, Iklan Televisi, Banner dan melakukan Bundling dengan beberapa provider telekomunikasi

 4     SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI

 variabel bauran promosi yaitu Menurut Kotler dan Gary A. (2000). Bauran promosi adalah Suatu strategi khusus dari iklan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya. Menurut Basu Swastha (1999), promotional mix adalah “Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”. Kotler (2005: 264-312), mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas empat perangkat utama, yaitu:
1.    Advertising : merupakan setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya tentang gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas. Bisa melalui iklan media massa yang ada, atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard, spanduk dan poster.
2.    Sales Promotion: berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa. Meliputi pajangan-pajangan di sejumlah titik/lokasi penting pemasaran, bingkisan, discount, kupon belanja.
3.    Public relation and publicity: berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. Aplikasi dari komponen ini adalah ikut serta atau mengadakan acara - acara tertentu yang sifatnya tidak murni profit orientes dengan instansi lain, misalkan dengan menggelar acara malam bakti sosial atau penggalangan dana.
4.  Personal Selling: Interaksi langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi, menjawab langsung dan menerima pesanan. Contohnya adalah Sales presentations, pertemuan / seminar penjualan. Intinya adalah dapat bertatap muka secara langsung atau melalui telepon.


5      SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN 
     Alternative sistem pemasaran ada 4, yaitu :
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
3. Memksimalkan pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
4. Memaksimalkan kualitas hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP ETIKA MENURUT AICPA , IFAC DAN IAI

TUGAS 4 (SURAT MENYURAT) " SOFTSKILL" ( BAHASA INDONESIA 2 )

Tugas 2 ( Komparatif SAK Indonesia dengan Jerman )