TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL MINGGU KE 6
TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL MINGGU KE 6
NAMA KELOMPOK :
Roby Aditya Negara
Alija
Izza Topik
Heru
Gunawan
KELAS : 1EB20
1
JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN
PEMASARAN
Perbedaaan
pasar dengan pemasaran adalah
Pasar adalah kelompok individual
(perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang
tertentu , berdaya beli dan berminat merealisasikan pembelinya.Sedangkan
pemasaran kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit / nonprofit) guna
memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa,menetapkan
harga,mendistibusikan,serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2 BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRi
*PASAR PENJUAL
Contoh
jenis pasar industry :
·
Pabrik
Kertas
·
Pabrik
sandal
·
Pabrik
Tahu
·
Pabrik
plastic
·
Pabrik
benang
Contoh jenis pasar penjual
·
Membeli
beberapa mobil untuk disewakan kembali ke konsumen
·
Grosir
sepatu
·
Grosir
Helm
·
Grosir
Buah
·
Grosir
aksesoris
3 JELASKAN dgn 1 CONTOH BARANG / JASA UNIVERSAL BAGAIMANA MEMASARKANNYA
(BERDASARKAN 4 P )
Disetiap kita ingin memulai usaha pasti menggunakan konsep marketing 4P, yaitu product, price, place, promotion untuk mengembangkan dan memajukan usaha yang akan kita mulai . Sebagai contoh kita menjual produk iphone Apple ,siapa yang tidak tahu dengan smartphone satu ini ,Hp canggih dan pintar ini menggunakan system operasi IOS .Untuk memajukan usaha ini kita harus menggunakan konsep marketing 4P
§ Pertama Product (Produk),produk/jasa yang akan
ditawarkan ke pasar umumnya menjadi langkah paling awal. Ide mengenai produk
bisa didapatkan dari beberapa sumber.Kita telah memilih untuk menjual produk
dari apple kita tahu bahwa produk selain apple banyak seperti
Samsung,BlackBerry,Nokia,dan lain-lain.Apple merupakan produk yang sangat tepat
karena kecanggihan dan kepintaran dari hp ini disbanding dengan produk lain.
§ Kedua Price (Harga), Setiap produk memiliki
berbagai komponen biayanya sendiri,seperti Iphone Apple ini,memang dari sisi
harga hp ini banyak digunakan dikalangan atas ini seimbang dengan aplikasi dan
kepintaran dari hp ini.
§ Ketiga Placement (Tempat) ,hal ini sangat
penting untuk penjualan yang akan kita jual demi kemajuan usaha kita .Kita
harus memilih tempat yang strategis dalam menjual produk dari Apple ini,seperti
pemasaran produk iphone
apple ini dilakukan di Mall" yang "berimage" mewah dan mahal.
sebagai contoh di kota bandung, tempat pemasaran dilakukan di Mall Paris Van
java
§ Keempat Promotion (Promosi), kita
dapat melakukan promosi melalui Media
Internet, Brosur, Iklan Televisi, Banner dan melakukan Bundling dengan beberapa
provider telekomunikasi
variabel bauran promosi yaitu Menurut Kotler dan Gary A. (2000). Bauran promosi adalah Suatu strategi khusus dari iklan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya. Menurut Basu Swastha (1999), promotional mix adalah “Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”. Kotler (2005: 264-312), mengatakan bahwa unsur bauran promosi (promotion mix) terdiri atas empat perangkat utama, yaitu:
1. Advertising :
merupakan setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang
memerlukan biaya tentang gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas.
Bisa melalui iklan media massa yang ada, atau iklan luar ruangan seperti
pemasangan billboard, spanduk dan poster.
2. Sales Promotion:
berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli
suatu produk atau jasa. Meliputi pajangan-pajangan di sejumlah
titik/lokasi penting pemasaran, bingkisan, discount, kupon belanja.
3. Public relation
and publicity: berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra
perusahaan atau produk individualnya. Aplikasi dari komponen ini adalah ikut
serta atau mengadakan acara - acara tertentu yang sifatnya tidak murni profit
orientes dengan instansi lain, misalkan dengan menggelar acara malam bakti
sosial atau penggalangan dana.
4. Personal Selling: Interaksi
langsung dengan calon pembeli atau lebih untuk melakukan suatu presentasi,
menjawab langsung dan menerima pesanan. Contohnya adalah Sales
presentations, pertemuan / seminar
penjualan. Intinya adalah dapat bertatap muka secara langsung atau
melalui telepon.
5 SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM
PEMASARAN
Alternative
sistem pemasaran ada 4, yaitu :
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
1. Memaksimalkan konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjasdinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
2. Memaksimalkan kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
Kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap suatu produk atau aktivitas pemasaran. Kedua, terkadang kepuasan yang diperoleh diikuti oleh kondisi lingkungan yang kurang menyenangkan. Ketiga, kepuasan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu sangat relative.
3. Memksimalkan pilihan
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
Sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk dengan tepat yang dapat memuaskan selera dan gaya hidup mereka, tetapi sebagai kopensasinya adalah peningkatan biaya.
4. Memaksimalkan kualitas hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantiatas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.
Komentar
Posting Komentar