TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL MINGGU KE 2



TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL MINGGU KE 2
NAMA KELOMPOK          :               Roby Aditya Negara
                                                             Alija Izza Topik
                                                             Heru Gunawan

KELAS                                  :              1EB20

  1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
           Cara mendirikan sebuah UKM, dengan memperhatikan Faktor produksi.
           Langkahnya adalah:
·    Pertama memerlukan sejumlah MODAL , yaitu barang-barang atau peralatan yang dapat di gunakan untuk faktor produksi. Dan juga uang yang dipakai  untuk mendirikan sebuah UKM, berasal dari pribadi\individu  atau dari pinjaman bank.
·   Kedua adalah TENAGA KERJA, tenaga kerja adalah faktor produksi yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan sebuah kegiatan produksi. Berdasarkan kualitas, tenaga kerja kerja dibagi menjadi 3, yaitu:
1.      Tenaga kerja terdidik
2.      Tenaga kerja terampil
3.      Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
·   Selanjutnya adalah MATERIAL, material termasuk tanah , air , dan bahan-bahan mentah yang berasal dari sumber-sumber di alam semesta.
·      Yang terakhir adalah METODE, inisiatif produktif, ide-ide kreatif untuk menghasilkan sebuah barang dan jasa, pengambilan keputusan, dan berani menanggung segala resiko.

  1. BERILAH MASING – MASING  SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
1.       Berdasarkan Faktor Ekonomi
·           Perusahaan Semen Padang (Padang)
·           Perusahaan tambang emas Freeport (Papua)
·           Perusahaan Listrik Negara Gajahmungkur (Wonogiri)
·           Perusahaan Semen Gresik (Gresik)
·           Perusahaan Kertas Bekasi Teguh (Bekasi)    
2.       Berdasarkan alam
·           Perusahaan tambang aspal di Buton (Kep. Riau)
·           Perusahaan tambang gas di Bontang (Kalimantan Timur)
·           Perusahaan tambang emas di Cikotok (Jawa Barat)
·           Perusahaan tambang batubara (Samarinda)
·           Pertamina (Babelan)
3.       Berdasarkan Sejarah
·           Perusahaan Udang (Cirebon)
·           Usaha pendidikan (Yogyakarta)
·           Pengrajin Batik (Solo)
·           Pengrajin Batik (Pekalongan)
·           Pengrajin Patung (Bali)
4.       Berdasarkan Pemerintah
·           Kawasan Industri JABABEKA Cikarang
·           Kawasan Industri Pulogadung
·           Perusahaan Besi Baja Krakatau Steel
·           PT. Dirgantara (Bandung)
·           PAL (Surabaya)

  1. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan, dalam meningkatkan nilai perusahaan maka perusahaan berusaha meningkatkan laba. Juga sebagai keinginan investor, karyawan, dan penyedia faktor-faktor produksi bagi masyarakat

  1. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN
a. Lingkungan Internal
Adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara formal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan.
b. Lingkungan Eksternal
Adalah lingkungan di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi.

  1. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
            Pengaruhnya dalam perusahaan
·           Ekologi       : Seperti pencemaran udara, pencemaran air dan sampah dalam perusahaan.
·           Ekonomi    : Urbanisasi, Pertambahan penduduk, Pajak, dan lainnya.
·           Sosial          : Kriminalitas dan Pengangguran.
·           Politik         : Pertahanan keamanan.
·           Hukum       : Keputusan dan transaksi perusahaan.

  1. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED APPROACH
            a. Producer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada produsen.
b. Consumer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada konsumen.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP ETIKA MENURUT AICPA , IFAC DAN IAI

TUGAS 4 (SURAT MENYURAT) " SOFTSKILL" ( BAHASA INDONESIA 2 )

Tugas 2 ( Komparatif SAK Indonesia dengan Jerman )