TULISAN 1 SOFTSKILL "EKONOMI KOPERASI"

Pengetahuan dan Pandangan Pemilu Legislatif 2014 di Kalangan Mahasiswa




Disusun Oleh
Nama                            : Roby Aditya Negara
NPM                             : 28213044
Kelas                            : 2EB12





FAKULTAS EKONOMI - AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA

2014


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian ini yang berjudul “Pengetahuan dan Pandangan Pemilu Legislatif 2014 di Kalangan Mahasiswa” dengan baik dan semoga sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini juga merupakan salah satu kelengkapan tugas mahasiswa/i kelas 2EB12 sebagai syarat penilaian mata kuliah Ekonomi Koperasi pada tahun ajaran PTA 2014/2015.
Dalam kesempatan ini, penulis megucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan secara moral maupun material dalam proses penyelesaian penulisan ini.
Ucapan terima kasih tersebut ditunjukan kepada yang terhormat      :
1.      Ibu Elvia Fardiana selaku dosen mata kuliah Ekonomi Koperasi
2.      Kedua orang tua yang telah memberikan do’a dan dukungannya.
3.  Mahasiswa-mahasiswi STIKES PERTAMEDIKA JAKARTA yang telah berpartisipasi sebagai responden. 
Saya menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada penelitian ini. Oleh karena itu semoga pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun dan semoga penelitian ini dapat memberikan sumbangsih positif serta memberikan manfaat pada kita semua.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi rahmat dan hidayah-Nya kepada semua pihak.


                                                                                                 Depok ,  2 November  2014


                                                                                                                             Penulis
                                                                                                       Roby Aditya Negara


DAFTAR ISI
Halaman ................................................................................................................................i
Kata Pengantar ................................................................................................................... ii
Daftar Isi............................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................................  1
1.1 Latar Belakang ................................................................................................................ 1
1.2 Perumusan Masalah......................................................................................................... 2
1.3 Tujuan ............................................................................................................................. 3
1.4 Manfaat ............................................................................................................................ 3
1.5 Sistematika Penulisan....................................................................................................... 3
BAB II  LANDASAN TEORI............................................................................................. 5
2.1 Pengertian Politik ............................................................................................................ 5
2.2 Pengertian Demokrasi ..................................................................................................... 5
2.3 Pengertian Pemilu ........................................................................................................... 6
2.4 Tinjauan Tentang Pengetahuan Politik............................................................................ 6
2.5 Tinjauan Tentang Pastisipasi Politik................................................................................ 7
2.5 Dampak Partisipasi Politik........................................................................................ 7
2.6 Ringkasan Kerangka Berpikir.......................................................................................... 8
2.7 Hipotesis........................................................................................................................... 8
BAB  III  METODOLOGI................................................................................................... 9
3.1Pemilihan Subjek Penelitian.............................................................................................. 9
 3.1.1 Populasi Sample....................................................................................................... 9
 3.1.2 Sample...................................................................................................................... 9
3.2 Teknik Pengumpulan Data dan Analisis data................................................................... 9
3.1.1 Teknik Pengumpulan Data........................................................................................ 9
 3.1.2 Analisis Data........................................................................................................... 10
3.3 Alat Pengumpulan Data................................................................................................... 10
3.4 Metode Analisis............................................................................................................... 10
BAB  IV PELAKSANAAN PENELITIAN....................................................................... 11
4.1 Pengolahan Analisis Data................................................................................................ 11
4.2 Analisis Deskriptif........................................................................................................... 11
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.............................................................................. 14
5.1 Kesimpulan ..................................................................................................................... 14
5.2 Saran................................................................................................................................ 14
Daftar Pustaka .................................................................................................................... 15
Lampiran

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Salah satu ciri Negara demokrasi adalah diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) yang terjadwal dan berkala. Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yakni Pasal 1 ayat  (2) , menyatakan bahwa “ Kedaulatan berada ditangan rakyat  dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar ” . Ketentuan mengenai pemilu diatur juga di dalam Pasal 22E Undang - Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan : (1) Pemilihan Umum dilaksanakan secara langsung , umum, bebas , rahasia , jujur, dan adil setiap lima tahun sekali ; (2) Pemilihan umum diselenggarakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat , dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden ,dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ; (3) Peserta pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah partai politik ; (4) Peserta pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah adalah perseorangan ; (5) Pemilihan umum diselenggarakan oleh suatu Komisi Pemilihan Umum yang bersifat nasional , tetap, dan mandiri ; (6) Ketentuan lebih lanjut tentang pemilihan umum diatur dengan Undang –Undang.
Sesuai dengan Pasal 3 Undang - Undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat , Dewan Perwakilan Daerah , dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah , yang menyatakan “ Pemilu diselenggarakan untuk memilih anggota DPR , DPD , DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota ”. Menurut Pasal 7 Undang - Undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat , Dewan Perwakilan Daerah , dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang menyatakan “ Peserta Pemilu untuk memilih anggota DPR, DPRD provinsi , dan DPRD kabupaten/kota adalah partai politik” . Partai politik merupakan salah satu institusi terpenting dalam demokrasi . Pelaksanaan pemilu sesungguhnya merupakan tradisi politik yang menjunjung tingi nilai partisipasi politik .Nyatanya saat ini , tingkat partisipasi politik masyarakat belum sesuai harapan.


sebagian dari mereka menanggapinya dengan sikap pesimistis dan mereka lebih memilih untuk tidak memilih para amggota legislatif , dan dalam hal ini mereka dikenal sebagai golongan putih (golput).Dalam kategori politik , kaum remaja yang sudah berusia 17 tahun mempunyai tanggung jawab kewarganegaraaan yang sama dengan kaum dewasa dalam hal memilih anggota legislatif .
Pemilih ini tergolong dalam pemilih pemula diantaranya pelajar dan mahasiswa . Namun karakteristik para pemilih pemula (mahasiswa) berbeda dengan pemilih dewasa lainnya , hal ini dikarenakan jiwa dan idealisme yang tinggi dari mereka menjadikan hal itu sebagai dari bagian ciri khas unik yang dimiliki oleh setiap mereka dalam menentukan pilihan.Dengan demikian diperlukan sosialisasi politik sebagai upaya pendekatan untuk meningkatkan partisipasi politik para mahasiswa dan juga menekan rendahnya angka golput . Dinamika politik tidak terhenti pada batas faktor sosialisasi semata , hal ini juga dapat dipengaruhi faktor luar seperti lingkungan sekitar kampus , teman bergaul dan sebagainya . Tidak hanya itu , orang tua juga dapat mempengaruhi partisipasi politik para mahasiswa karena orang tua sebagai panutan bagi setiap mereka . Dan dalam hal ini dapat mempengaruhi pengambilan keputusan memilih dalam pemilu legislatif . Selanjutnya pengaruh partisipasi politik dapatt ditinjau dari sisi kecurangan yang dilakukan oleh oknum / caleg yang tidak bertanggung jawab dengan Money Politic . Hal ini dilakukan sebagai pendekatan kepada para pemilih pemula.Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk membahas , meneliti lebih dalam lagi dengan mengangkat dalam penelitian ilmiah dengan judul Pengetahuan dan Pandangan Pemilu Legislatif  di Kalangan Mahasiswa.



      1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan di atas maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut :
a.       Bagaimana pandangan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014 ?
b.      Bagaimana pengetahuan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014 ?
c.       Bagaimana gambaran pengetahuan dan pandangan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif  2014 ?

     1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui pandangan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014
b.      Untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014
c.       Untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan pandangan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014


        1.4 Manfaat Penelitian
a.       Menambah wawasan peneliti dalam membuat penelitian
b.      Memberikan gambaran pengetahuan dan pandangan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014


        1.5 Sistematika Penelitian
Bab I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
                        1.4 Manfaat Pennelitian
                        1.5 Sistematika Penulisan                

                        Bab II Landasan Teori
                        2.1 Pengertian Politik
                        2.2 Pengertian Demokrasi
2.3 Pengertian Pemilu
                        2.4 Tinjauan tentang Pengetahuan Politik
                        2.5 Tinjauan Tentang Partisipasi Politik
                                    2.5.1 Dampak Partisipasi Politik
                        2.6 Ringkasan dan Kerangka Berpikir
                        2.7 Hipotesis

                        Bab III Metodologi
                        3.1 Pemilihan Subjek Penelitian
3.1.1 Populasi
3.1.2 Sampel
3.2 Teknik Pengumpulan Data dan Analisis data
3.2.1 Teknik Pengumpulan Data
3.2.2 Analisis Data
3.3 Alat Pengumpul Data
3.4 Metode Analisis

                       Bab IV Pelaksanaan Penelitian
                        4.1 Pengolahan / Analisis Data
4.2 Analisis Deskriptif

                        Bab V Kesimpulan Dan Saran
                        5.1 Kesimpulan
                        5.2 Saran 


 BAB II
LANDASAN TEORI


2.1 Pengertian Politik
Kata politik secara etimologik berasal dari bahasa Yunani Politea .Akakr katanya polis yang berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri dan Teia berarti urusan.Politik merupakan suatu rangkaian azas , prinsip , keadaan , jalan , alat dan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang dikehendaki manusia (kita).Dalam bahasa Inggris politik berarti rangkaian azas kepentingan umum warga negara , prinsip , keadaan , cara dan alat untuk mencapai tujuan .Sedangkan politik yang berasal dari kata policy , berarti kebijakan umum , pengaturan , alokasi sumber-sumber/daya pembagian atau pendistribusian .Kedua arti tersebut memerlukan authority (wewenang ) untuk mencapai tujuan dari suatu upaya .Secara umum politik menyangkut proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakannya . Pelaksanaan tujuan negara dan cara melaksanakannya .


2.2 Pengertian Demokrasi
Demokrasi berasal dari bahasa Yunani Demos dan Kratein .Kratein berarti kekuasaan sedangkan demos berarti rakyat .Bentuk kekuasaan dari , oleh , dan untuk rakyat.Berdasarkan konsep demokrasi kekuasaan menyiratkan arti politik dan pemerintahan .Sedangkan rakyat beserta warga masyarkat didefinisikan sebagai warga negara .Dari segi konsep maupun politik demos menyiratkan makna deskriptif.Demos bukanlah rakya secara keseluruhan tetapi populis tertentu yaitu mereka yang berdasarkan atau kesepakatan formal dari para pengontrol akses ke sumber-sumber kekuasaan yang diakui dan bisa mengklaim , memiliki hak-hak preogratif dalam proses pengambilan keputusan menyangkut urusan publik atau pemerintahan.


2.3 Pengertian Pemilu
Pada hakikatnya menurut Ali Murtopo , pemilihan umum adalah sarana yang tersedia bagi rakyat untuk menjalankan kedaulatannya dan merupakan lembaga demokrasi.Menurut Manuel Kaisiepo memang telah menjadi tradisi penting hampir-hampir di sakralkan dalam berbagai sistem politik di dunia .Lenihh lanjut di katakannya pemilihan umum penting karena berfungsi memberi legitimasi atas kekuasan yang ada dan bagi rezim baru .Pemilihan umum berfungsi mempertahankan statous quo rezim baru yang ingin bercokol dan bila pemilihan umum dilaksanakan dalam konteks ini maka legitimasi dsan status quo ini lah yang dipertaruhkan .Tetapi bagaimanapun kita harus yakin bahwa pemilihan umum adalah bentuk partisipasi politik rakyat warga negara yang paling mendasar untuk menetukan pemerintahan dan program pemerintah yang sesuai dengan keinginannya .Pemilihan umum diselenggarakan Langsung, Umum , Bebas , Rahasia , Jujur dan Adil (LUBER JURDIL).


2.4 Tinjauan tentang pengetahuan politik
Sebelum menjelaskan pengertian pengetahuan politik maka kita harus mengetahui apa itu pengertian pengetahuan , pengetahuan kata dasarnya adalah “tahu” dan mendapat awalan pe dan an.Imbuhan pe – an disini  ada nya proses pengembalian.Menurut kamus besar bahasa Indonesia kata “tahu” berarti mengerti sesudah melihat (menyaksikan , mengalami atau mengajar) , sedangkan arti dari pemahaman hal mengetahui sesuatu segala paa yang diketahui serta kepandaian .Pengetahuan diperoleh melalui penginderaan , pemikiran ,insting dan lain-lain.Melalui penginderaan mahasiswa bisa memperoleh pengetahuan salah satunya dengan membaca , mendengar , dan melihat.Dengan berbagai aktivitas tersebut mahasiswa menjadi banyak tahu.Dengan banyak tahu mahasiswa mengetahui dapat mengadakan studi perbandingan dan studi pertimbangan melalui kerja otaknya.Dari faktor – faktor yang mempengaruhi kognisi individu ada beberapa faktor yang berkaitan dengan penelitian ini diantaranya , Pertama sifat dan proses pembelanjaran artinya mahasiswa mengkonstruksikan makna dari informasi yang diperoleh dari media dan fakta-fakta.Kedua , tujuan proses pembelajaran artinya ketika menyadari bahwa ia harus turut serta dalam peristiwa ataau proses politik maka ia akan berusaha untuk mencari tahu tentang politik baik dari media maupun buku dan sarana lainnya,ketiga , kontruksi pengetahuan artinya mahasiswa menghubungkan informasi baru yang dia dapatkan dari media dengan pengetahuan politik yang sudah dimiliki dengan cara yang mengandung makna tertentu.

2.5 Tinjauan tentang partisipasi politik
Salah satu pilar penting dari demokrasi adalah partisipasi ,jika demokrasi diartikan secara sederhana sebagai suatu pemerintahan yang berasal dari dan untuk rakyat,maka partisipasi merupaka n sarana yang penting dalam proses kehidupan politik bangsa.Partisipasi berasal dari bahasa inggris yaitu “participation” yang berati pengambilan bagian atau pengikutsertaan.Dengan demikian menurutya partispasi politik didalamnya terkandung kegiatan dan buka sikap,sikap tergolong sebagai partisipasi bila telah berupa kegiatan.Partisipasi politik sebagai kegiatan politik yang dijalankan oleg anggotatindakan konkrit .Partisipasi politik sebagai kegiatan politik yang dijalankan oleh anggota masyarakat sebagai warga negara .Dapat ditarik kesimpulan bahwa partisipasi politik yaitu keterlibatan warga negara daam membuat keputusan melaksanakan keputusan mempengaruhi proses pengambilan keputusan ,mempengaruhi kebijakan pemerintahan termasuk yang berkaitan dengan keterlibatan aktif maupun keterlibatan pasif setiap individu dalam hierarki sistem politik.

2.5.1 Dampak partisipasi politik
Dampak partisipasi politik secara umum adalah sebagai berikut : program dan pelaksanaannya lebih aplikatif terhadap konteks sosial,ekonomi dan budaya yang sudah ada sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat .Hal ini meyiratkan kebijakan desentralisasi
1.   Menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab diantara semua pihak terkait dalam merencanakan dan melaksanakan program sehingga dampaknya dan begitu pula program tu sendiri berkesinambungan .
2.      Perlunya memberikan peran bagi semua orang untuk terlibat dalam proses , khususnya dalam hal pengambilan dan petangguang jawab keputusan sehingga memberdayakan semua orang yang terlibat
3.      Transparasi semakin terbuka lebar akibat penyebaran informasi dan wewenang
4.      Pelaksanaan proyek atau program lebih terfokus pada kebutuhann masyarakat


2.6 Ringkasan dan Kerangka Berpikir
Berdasarkan teori tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan politik dan pandangan politik sangat penting diterapkan pada para pemilih pemula baik yang berusia 17 tahun , sudah menikah ataupun belum menikah dan juga untuk mahasiswa .Mahasiswa perlu mengetahui seberapa penting peran kita sebagai warga negara dan generasi muda dalam partisipasi politik dan dalam penggunaan hak pilih kita.Mahasiswa perlu diharapkan memiliki pandangan politik yang baik dan pengetahuan politik yang baik.Generasi muda seperti kita sangat mempengaruhi kemajuan suatu bangsa dalam bidang politik dan demokrasi .Dengan pengetahuan dan pandangan dari setiap kita (mahasiswa) dan partisipasi kita dalam memilih para caleg dapat menekan rendah angka golput di negara kita .


2.7 Hipotesis
Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut , pengetahuan politik harus dimiliki setiap kita sebagai warga negara , dan kita harus memiliki pandangan politik yang baik .



BAB III
METODOLOGI

3.1 Pemilihan Subjek Penelitian
Dalam suatu penelitian, perlu menentukan subjek dan objek penelitian, yang menjadi subjek penelitian adalah orang / responden sebagai sumber data, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah yang menjadi pusat perhatian peneliti. Lebih lanjut dapat diuraikan sebagai berikut.

3.1.1 Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah kumpulan unit-unit elementer, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel yang dipilih secara acak/random berkaitan dengan masalah penelitian. Dalam hal ini populasinya adalah Mahasiswa/i STIKES PERTAMEDIKA JAKARTA.

3.1.2 Sampel
Sampel merupakan bagian dari populasi yang diambil dan dipergunakan untuk penelitian sifat dan karakternya mewakili populasi sebagai subjek penelitian. Jumlah sampel pada penelitian ini 31 mahasiswa dengan objek penelitiannya adalah Pengetahuan dan pandangan pemilu legislatif 2014 di kalangan mahasiswa.

3.2 Teknik Pengumpulan Data dan Analisis data
Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket. Angket digunakan untuk mengetahui Pengetahuan dan pandangan pemilu legislatif 2014 di kalangan mahasiswa.

3.2.1 Teknik Pengumpulan Data
Memberikan kuesioner ke beberapa ke beberapa mahasiswa/i Stikes Pertamedika Jakarta ,  dengan memberikan beberapa pertanyaan yang menyangkut tentang Pengetahuan dan pandangan pemilu legislatif 2014 di kalangan mahasiswa.

3.2.2 Analisis Data
Dengan cara menarik kesimpulan dari beberapa orang yang diwawancarai dan menjumlahkan hasil dari kuesioner lalu mengubah hasil tersebut menjadi persentase. Dan mengumpulkan jawaban mereka dan alasan mereka dari alat perekam suara yang digunakan saat mewawancarai mereka.Untuk menghitung persentase jawaban yang diberikan responden tersebut, peneliti menggunakan rumus seperti berikut :
P = F/N x 100%
P  =  Persentase
F  =  Frekuensi yang sedang dicari persentasenya (frekuensi   jawaban)
N   =  Jumlah responden


3.3    Alat Pengumpul Data
Alat pengumpul data yang digunakan adalah membagikan kertas kepada para responden.

3.4      Metode Analisis
Analisis ini berdasarkan metode  deskriptif analisits, yaitu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan data yang ada.




BAB IV
PELAKSANAAN PENELITIAN


4.1 Pengolahan / Analisis Data
Berdasarkan penelitian , penulis membuat pengolahan data berdasarkan analisis dan modus / mean dari angket di ajukan . Banyaknya butir soal dari angket adalah 13 pertanyaan .Dari setiap butir pertanyaan penulis mengungkapkan tentang pengetahuan dan cara berpandang mahasiswa terhadap pemilu legislatif 2014 .Contoh dan hasil angket terdapat pada halaman berikutnya.

4.2 Analisis Deskriptif
Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan pandangan pemilu legislatif 2014 di kalangan mahasiswa . berdasarkan distribusi frekuensi jawaban responden dan tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner. Item-item pertanyaan  dalam variabel pengetahuan dan pandangah tersebut secara keseluruhan digambarkan dalam bentuk table deskripsi frekuensi. Dalam hal ini penulis melakukan dengan analisis deskriptif frekuensi, sehingga diketahui frekuensi, persen dari setiap item pertanyaan. Untuk memberikan gambaran hasil penelitian setiap variabel yang diteliti.


TABEL  HASIL  ANGKET  MAHASISWA/I  STIKES   PERTAMEDIKA
No
Nama
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
1
Ajeng
a
a
a
a
a
b
a
a
a
a
b
b
a
2
Anggi
a
b
a
a
a
a
a
a
c
a
a
a
a
3
Arinda Kharima
a
a
a
a
a
a
a
a
c
a
a
a
a
4
Ayu Parlisa
a
b
b
b
b
b
c
a
b
b
b
b
a
5
Azis Djulpian
a
a
a
a
b
a
c
a
c
a
b
b
b
6
Ballerina Lairisa
a
a
a
a
a
a
a
a
c
a
a
b
a
7
Dwi Meilani
a
a
a
a
a
a
c
a
c
a
a
a
a
8
Enno
a
a
a
a
a
a
a
a
c
a
a
b
a
9
Erina Mustika
a
a
a
a
b
a
c
a
c
b
b
b
b
10
Euis Elihyani
a
a
a
a
b
a
c
a
c
a
a
b
a
11
Fista
a
a
a
a
a
a
a
a
c
b
b
b
a
12
Gitana Cencia
a
b
a
a
b
a
a
a
c
a
b
b
a
13
Ika Nurfadilah
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
b
a
14
INA
a
a
a
a
a
a
a
a
c
a
b
a
a
15
Isna Sefia
a
a
a
a
b
a
a
a
c
a
a
b
b
16
Lidya Sri Damarwanti
a
a
a
a
a
a
a
a
c
a
b
a
a
17
Lulu Hilwani Sarah
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
b
a
18
M Taufik
a
a
a
a
a
a
a
a
c
a
a
b
a
19
Melani Permata Sari
a
a
a
a
b
a
b
a
c
a
a
b
a
20
Meyliana Widias U
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
b
a
21
Nanik Kuswanti
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
b
a
22
Nicky Galih Pratiwi
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
a
b
a
23
Novayanti Anggraini
a
a
a
a
b
b
a
a
c
a
a
b
a
24
Octafianti Arini
a
a
a
a
b
a
a
a
c
a
a
b
b
25
Retno Febriyanti
a
a
a
a
b
a
a
a
a
a
b
b
a
26
Rista Larasati Romaz P
a
b
b
b
b
b
b
a
b
b
b
b
a
27
Sarah Mutiah
a
a
a
a
a
a
c
a
c
a
a
b
a
28
Silvia Wirda Yunita
a
a
a
a
a
a
a
a
c
a
a
a
a
29
Syafitriani
a
a
a
a
b
b
a
a
c
b
b
b
b
30
Yunia Eka Saputri
a
a
b
a
b
a
a
a
c
b
a
b
b
31
Zakia Fadilah
a
a
a
a
a
a
a
a
c
a
a
a
a



Tanggapan Hasil Angket Yang Diperoleh dari Setiap Item Pertanyaan

No
Item Pertanyaan
Tanggapan Responden
N

a
b
c
f
%
f
%
f
%

1
item 1
31
100
0
0
0
0
31
2
item 2
27
87,09
4
12,90
0
0
31
3
item 3
28
90,32
3
23,07
0
0
31
4
item 4
29
93,55
2
6,45
0
0
31
5
item 5
18
58,06
13
41,93
0
0
31
6
item 6
26
83,87
5
16,12
0
0
31
7
item 7
23
74,19
2
6,45
6
19,35
31
8
item 8
31
100
0
0
0
0
31
9
item 9
7
22,58
2
6,45
22
71
31
10
item 10
25
80,64
6
19,35
0
0
31
11
item 11
20
64,51
11
35,48
0
0
31
12
item 12
8
25,81
23
74,19
0
0
31

13
item 13
25
80,64
6
19,35
0
0
31


Dari data tabel di atas peneliti menganalisis bahwa item pertanyaan no 1-6 terdapat 85,48%  responden mengetahui adanya pelaksanaan pemilu legisatif 2014 , mengetahui informasi , terdaftar sebagai pemilih , mengecek keberadaan , serta menggunakan hak pilih pada pemilu legislatif 2014 , pada item pertanyaan no 7  terdapat 74,19%  responden yang sadar akan hak sebagai warga negara dalam pemilu legislatif 2014 , untuk item pertanyaan no 9 hanya 6,45% responden saja yang mengetahui jumlah parpol yang mengikuti pemilu , untuk item pertanyaan no 13 terdapat 80,64% responden yang menerima hasil pemilu legislatif 2014 .



BAB V
PENUTUP

Berdasarkan pembahasan yang telah peneliti uraikan pada bab sebelumnya mengenai pengetahuan dan pandangan pemili legislatif 2014 di kalangan mahasiswa , maka peneliti mencoba menyusun kesimpulan dan saran.

5.1 Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan politik harus dimiliki setiap warga negara terutama para generasi muda , karena generasi muda yang menjadi penetu kemajuan suatu bangsa . Setiap warga negara wajib memiliki hak untuk memilih pada pesta demokrasi yang dilakukan 5 tahun sekali. Warga negara juga harus memiliki pandangan yang baik tentang politik terutama pada pemilihan umum .Jadi dengan memiliki pengetahuan dan pandangan poitik yang baik dan partisipasi politik setidaknya kita mampu menekan rendah angka golput pada pemilu.

5.2 Saran
Setelah ditarik kesimpulan sebagaimana tersebut diatas selanjutnya peneliti mengajukan beberapa saran, yaitu hendaknya para instansi yang terkait dalam pelaksanaan pemilu memberikan sosialisasi yang terkoordinir dan merata di setiap lapisan masyarakat terutama pada pemilih pemula .


DAFTAR PUSTAKA

§  Djumharijinis , 2014 , Pendidikan Pancasila Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (Suplemen Materi Perkuliahan) Widya , Jakarta.
§  Sumarsono , 2002 , Pendidikan Kewarganegaraan , Gramedia , Jakarta
§  Saragih R Bintan , 2001 , Lembaga Perwakilan dan Pemilihan Umum Di Indonesia ,Gaya Media Pratama , Jakarta
§  Budiardjo , 1990 , Partisipasi dan Partai Politik , Gramedia , Jakarta
§  Muchji Achmad dkk , 2007 , Pendidikan Pancasila (Buku Teks Pendidikan Pancasila Universitas Gunadarma) , Universitas Gunadarma , Jakarta
§  www.google.com


Lampiran
CURRICULUM VITAE
Data Pribadi      
Nama                                            : Roby Aditya Negara
Jenis Kelamin                               : Laki-laki
Tempat, tanggal lahir                   : Bengkulu,28 Desember 1994
Kewarganegaraan                         : Indonesia
Status perkawinan                        : Belum Menikah
Tinggi, berat badan                      : 170 cm, 56 kg
Kesehatan                                     : Baik
Agama                                          : Islam
Alamat lengkap                            : Jl.Kober Gg Mawar No.13 Rt.04 Rw.04
Nomor Hp                                    : 081214726324
E-mail                                           : robyadityanegara@rocketmail.com


Pendidikan
2010 -2013                                   : MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU
2007-2010                                    : SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU
2001-2007                                    : SD NEGERI 35 KOTA BENGKULU

Kemampuan
·         Dapat Berkomunikasi dengan baik
·         Dapat Mengoperasikan komputer (Ms. Word, Ms. Excel, PowerPoint, internet)

Pengalaman ber-organisasi
·         Pernah mengikuti kegiatan organisasi PIK-LKRR (Kesehatan Reproduksi Remaja)
·         Menjadi anggota panitia seminar penyuluhan HIV/AIDS


Lampiran
KUESIONER (ANGKET ) PENELITIAN 

FAKULTAS EKONOMI AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK

“Pengetahuan dan Pandangan Pemilu Legislatif 2014 di Kalangan Mahasiswa”

Oleh:
ROBY ADITYA NEGARA
28213044

KETENTUAN:
1.       Kuesioner (angket) ini semata-mata untuk kepentingan akademis, mohon dijawab dengan jujur
2.       Bacalah dan jawablah pertanyaan dibawah ini dengan teliti tanpa ada yang terlewatkan
3.       Berilah tanda (X) atau (O) pada jawaban yang menurut anda tepat

DATA RESPONDEN
1.            Nama               :
2.            Usia                 : 
3.            Jenis Kelamin  : L / P
4 .           Instansi            :


PERTANYAAN

1.      Apakah anda mengetahui adanya pemilihan umum legislatif pada tahun 2014 ?
a.       Ya                         b.   Tidak

2.      Apakah anda tergolong pemilih pemula dalam Pemilu legislatif 2014 ?
a.       Ya                         b.   Tidak

3.      Apakah informasi mengenai Pemilu legislatif 2014 penting untuk anda ketahui ?
a.       Ya                         b.   Tidak

4.      Apakah anda sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu legislatif 2014 kemarin ?
a.       Ya                         b.   Tidak

5.      Apakah anda pernah mengecek keberadaan nomor identitas Anda pada DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu legislatif 2014?
a.       Ya                         b.   Tidak


6.      Apakah anda menggunakan hak pilih anda saat pemilu legislatif 2014 ?
a.       Ya                         b.   Tidak

7.      Apakah alasan anda untuk menggunakan hak pilih saat pemilihan umum legislatif 2014?
a.       Sadar akan hak sebagai warga negara
b.      Karena memperoleh imbalan (uang, sembako, jabatan)
c.       Ajakan keluarga/ teman/ tokoh masyarakat

8.      Pada tanggal berapa pemilu legislatif 2014 dilaksanakan ?
a.       9 April 2014                      c.   4 April 2014
b.      13 April2014                    

9.      Berapa partai politik nasional yang ikut dalam pemilu legislatif 2014 ?
a.       13 partai                            c.   11 partai
b.      12 partai

10.  Pernahkah anda melihat,mendengar dan menonton kampanye calon anggota legislatif?
a.       Ya                                     b.   Tidak

11.  Apakah Anda menentukan pilihan calon anggota legislatif berdasarkan kampanye yang anda lihat, dengar atau tonton?
a.       Ya                                     b.    Tidak

12.  Hal apa yang menjadi pertimbangan Anda memilih partai politik tersebut?
a.       ideologi/ aliran partai politik
b.      Visi/ misi kampanye partai politik
c.       Citra partai politik

13.  Apakah anda menerima hasil pemilihan umum legislatif 2014 ?
a.         Ya                                                b.   Tidak

Terima Kasih kepada Teman – Teman yang telah bersedia mengisi kuesioner (angket) ini . Saya berharap , semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP ETIKA MENURUT AICPA , IFAC DAN IAI

TUGAS 4 (SURAT MENYURAT) " SOFTSKILL" ( BAHASA INDONESIA 2 )

Tugas 2 ( Komparatif SAK Indonesia dengan Jerman )