TULISAN 1 SOFTSKILL "EKONOMI KOPERASI"
Pengetahuan dan
Pandangan Pemilu Legislatif 2014 di Kalangan Mahasiswa
Disusun
Oleh
Nama :
Roby Aditya Negara
NPM :
28213044
Kelas :
2EB12
FAKULTAS EKONOMI - AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa, yang selalu melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan penelitian ini yang berjudul “Pengetahuan dan Pandangan
Pemilu Legislatif 2014 di Kalangan Mahasiswa” dengan baik dan semoga sesuai
dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini juga merupakan salah satu kelengkapan
tugas mahasiswa/i kelas 2EB12 sebagai syarat penilaian mata kuliah Ekonomi Koperasi pada tahun ajaran PTA 2014/2015.
Dalam kesempatan ini, penulis megucapkan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang memberikan dukungan dan bantuan
secara moral maupun material dalam proses penyelesaian penulisan ini.
Ucapan terima kasih tersebut ditunjukan kepada yang terhormat :
1.
Ibu Elvia Fardiana selaku dosen
mata kuliah Ekonomi Koperasi
2.
Kedua orang tua yang telah memberikan do’a dan
dukungannya.
3. Mahasiswa-mahasiswi STIKES PERTAMEDIKA JAKARTA yang
telah berpartisipasi sebagai responden.
Saya menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan
yang mendasar pada penelitian ini. Oleh karena itu semoga pembaca dapat
memberikan kritik dan saran yang membangun dan semoga penelitian ini dapat
memberikan sumbangsih positif serta memberikan manfaat pada kita semua.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi rahmat dan
hidayah-Nya kepada semua pihak.
Depok ,
2 November 2014
Penulis
Roby Aditya Negara
DAFTAR ISI
Halaman ................................................................................................................................i
Kata Pengantar ................................................................................................................... ii
Daftar Isi............................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang ................................................................................................................ 1
1.2 Perumusan Masalah......................................................................................................... 2
1.3 Tujuan ............................................................................................................................. 3
1.4 Manfaat ............................................................................................................................ 3
1.5 Sistematika Penulisan....................................................................................................... 3
BAB II LANDASAN
TEORI............................................................................................. 5
2.1 Pengertian Politik
............................................................................................................ 5
2.2 Pengertian Demokrasi
..................................................................................................... 5
2.3 Pengertian Pemilu
........................................................................................................... 6
2.4 Tinjauan Tentang Pengetahuan
Politik............................................................................ 6
2.5 Tinjauan Tentang Pastisipasi
Politik................................................................................ 7
2.5
Dampak Partisipasi Politik........................................................................................ 7
2.6 Ringkasan Kerangka
Berpikir.......................................................................................... 8
2.7 Hipotesis........................................................................................................................... 8
BAB III METODOLOGI................................................................................................... 9
3.1Pemilihan Subjek Penelitian.............................................................................................. 9
3.1.1 Populasi Sample....................................................................................................... 9
3.1.2 Sample...................................................................................................................... 9
3.2 Teknik Pengumpulan Data dan Analisis data................................................................... 9
3.1.1
Teknik Pengumpulan Data........................................................................................ 9
3.1.2 Analisis Data........................................................................................................... 10
3.3 Alat Pengumpulan Data................................................................................................... 10
3.4 Metode
Analisis............................................................................................................... 10
BAB IV PELAKSANAAN
PENELITIAN....................................................................... 11
4.1 Pengolahan Analisis Data................................................................................................ 11
4.2 Analisis
Deskriptif........................................................................................................... 11
BAB V KESIMPULAN DAN
SARAN.............................................................................. 14
5.1 Kesimpulan ..................................................................................................................... 14
5.2 Saran................................................................................................................................ 14
Daftar Pustaka .................................................................................................................... 15
Lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Salah satu ciri Negara demokrasi
adalah diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) yang terjadwal dan berkala.
Amandemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yakni Pasal
1 ayat (2) , menyatakan bahwa “ Kedaulatan
berada ditangan rakyat dan dilaksanakan
menurut Undang-Undang Dasar ” . Ketentuan mengenai pemilu diatur juga di dalam Pasal
22E Undang - Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 yang
menyatakan : (1) Pemilihan Umum dilaksanakan secara langsung , umum, bebas ,
rahasia , jujur, dan adil setiap lima tahun sekali ; (2) Pemilihan umum
diselenggarakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat , dewan
Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden ,dan Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah ; (3) Peserta pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan
Rakyat dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah partai politik ; (4)
Peserta pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah adalah
perseorangan ; (5) Pemilihan umum diselenggarakan oleh suatu Komisi Pemilihan
Umum yang bersifat nasional , tetap, dan mandiri ; (6) Ketentuan lebih lanjut
tentang pemilihan umum diatur dengan Undang –Undang.
Sesuai dengan Pasal 3 Undang - Undang Nomor
8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota
Dewan Perwakilan Rakyat , Dewan Perwakilan Daerah , dan Dewan Perwakilan Rakyat
Daerah , yang menyatakan “ Pemilu diselenggarakan untuk memilih anggota DPR ,
DPD , DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota ”. Menurut Pasal 7 Undang - Undang
Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat ,
Dewan Perwakilan Daerah , dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang menyatakan “
Peserta Pemilu untuk memilih anggota DPR, DPRD provinsi , dan DPRD kabupaten/kota
adalah partai politik” . Partai politik merupakan salah satu institusi
terpenting dalam demokrasi . Pelaksanaan pemilu sesungguhnya merupakan tradisi
politik yang menjunjung tingi nilai partisipasi politik .Nyatanya saat ini ,
tingkat partisipasi politik masyarakat belum sesuai harapan.
sebagian dari mereka menanggapinya dengan sikap pesimistis dan
mereka lebih memilih untuk tidak memilih para amggota legislatif , dan dalam
hal ini mereka dikenal sebagai golongan putih (golput).Dalam kategori politik ,
kaum remaja yang sudah berusia 17 tahun mempunyai tanggung jawab
kewarganegaraaan yang sama dengan kaum dewasa dalam hal memilih anggota
legislatif .
Pemilih ini tergolong dalam pemilih
pemula diantaranya pelajar dan mahasiswa . Namun karakteristik para pemilih
pemula (mahasiswa) berbeda dengan pemilih dewasa lainnya , hal ini dikarenakan
jiwa dan idealisme yang tinggi dari mereka menjadikan hal itu sebagai dari
bagian ciri khas unik yang dimiliki oleh setiap mereka dalam menentukan
pilihan.Dengan demikian diperlukan sosialisasi politik sebagai upaya pendekatan
untuk meningkatkan partisipasi politik para mahasiswa dan juga menekan
rendahnya angka golput . Dinamika politik tidak terhenti pada batas faktor
sosialisasi semata , hal ini juga dapat dipengaruhi faktor luar seperti
lingkungan sekitar kampus , teman bergaul dan sebagainya . Tidak hanya itu ,
orang tua juga dapat mempengaruhi partisipasi politik para mahasiswa karena
orang tua sebagai panutan bagi setiap mereka . Dan dalam hal ini dapat
mempengaruhi pengambilan keputusan memilih dalam pemilu legislatif .
Selanjutnya pengaruh partisipasi politik dapatt ditinjau dari sisi kecurangan
yang dilakukan oleh oknum / caleg yang tidak bertanggung jawab dengan Money
Politic . Hal ini dilakukan sebagai pendekatan kepada para pemilih
pemula.Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk membahas , meneliti
lebih dalam lagi dengan mengangkat dalam penelitian ilmiah dengan judul
Pengetahuan dan Pandangan Pemilu Legislatif
di Kalangan Mahasiswa.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang dipaparkan di atas
maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut :
a. Bagaimana
pandangan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014 ?
b. Bagaimana
pengetahuan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014 ?
c. Bagaimana
gambaran pengetahuan dan pandangan mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap
pemilu legislatif 2014 ?
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian
ini bertujuan sebagai berikut :
a.
Untuk mengetahui pandangan mahasiswa/i Stikes
Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014
b.
Untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa/i Stikes
Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014
c.
Untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan pandangan
mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014
1.4 Manfaat
Penelitian
a.
Menambah wawasan peneliti dalam membuat penelitian
b.
Memberikan gambaran pengetahuan dan pandangan
mahasiswa/i Stikes Pertamedika terhadap pemilu legislatif 2014
1.5 Sistematika Penelitian
Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang
1.2
Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
Penelitian
1.4 Manfaat Pennelitian
1.5 Sistematika
Penulisan
Bab II Landasan Teori
2.1 Pengertian Politik
2.2 Pengertian Demokrasi
2.3 Pengertian
Pemilu
2.4 Tinjauan tentang
Pengetahuan Politik
2.5 Tinjauan Tentang
Partisipasi Politik
2.5.1 Dampak
Partisipasi Politik
2.6 Ringkasan dan
Kerangka Berpikir
2.7 Hipotesis
Bab III Metodologi
3.1 Pemilihan Subjek
Penelitian
3.1.1
Populasi
3.1.2
Sampel
3.2 Teknik
Pengumpulan Data dan Analisis data
3.2.1
Teknik Pengumpulan Data
3.2.2
Analisis Data
3.3 Alat
Pengumpul Data
3.4 Metode
Analisis
Bab
IV Pelaksanaan Penelitian
4.1 Pengolahan / Analisis
Data
4.2
Analisis Deskriptif
Bab V Kesimpulan Dan
Saran
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Politik
Kata politik secara
etimologik berasal dari bahasa Yunani Politea .Akakr katanya polis yang berarti
kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri dan Teia berarti urusan.Politik
merupakan suatu rangkaian azas , prinsip , keadaan , jalan , alat dan cara yang
digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang dikehendaki manusia (kita).Dalam
bahasa Inggris politik berarti rangkaian azas kepentingan umum warga negara ,
prinsip , keadaan , cara dan alat untuk mencapai tujuan .Sedangkan politik yang
berasal dari kata policy , berarti kebijakan umum , pengaturan , alokasi
sumber-sumber/daya pembagian atau pendistribusian .Kedua arti tersebut
memerlukan authority (wewenang ) untuk mencapai tujuan dari suatu upaya .Secara
umum politik menyangkut proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakannya
. Pelaksanaan tujuan negara dan cara melaksanakannya .
2.2 Pengertian Demokrasi
Demokrasi berasal dari
bahasa Yunani Demos dan Kratein .Kratein berarti kekuasaan sedangkan demos
berarti rakyat .Bentuk kekuasaan dari , oleh , dan untuk rakyat.Berdasarkan
konsep demokrasi kekuasaan menyiratkan arti politik dan pemerintahan .Sedangkan
rakyat beserta warga masyarkat didefinisikan sebagai warga negara .Dari segi
konsep maupun politik demos menyiratkan makna deskriptif.Demos bukanlah rakya
secara keseluruhan tetapi populis tertentu yaitu mereka yang berdasarkan atau
kesepakatan formal dari para pengontrol akses ke sumber-sumber kekuasaan yang
diakui dan bisa mengklaim , memiliki hak-hak preogratif dalam proses
pengambilan keputusan menyangkut urusan publik atau pemerintahan.
2.3 Pengertian Pemilu
Pada hakikatnya menurut Ali
Murtopo , pemilihan umum adalah sarana yang tersedia bagi rakyat untuk
menjalankan kedaulatannya dan merupakan lembaga demokrasi.Menurut Manuel
Kaisiepo memang telah menjadi tradisi penting hampir-hampir di sakralkan dalam
berbagai sistem politik di dunia .Lenihh lanjut di katakannya pemilihan umum
penting karena berfungsi memberi legitimasi atas kekuasan yang ada dan bagi
rezim baru .Pemilihan umum berfungsi mempertahankan statous quo rezim baru yang
ingin bercokol dan bila pemilihan umum dilaksanakan dalam konteks ini maka
legitimasi dsan status quo ini lah yang dipertaruhkan .Tetapi bagaimanapun kita
harus yakin bahwa pemilihan umum adalah bentuk partisipasi politik rakyat warga
negara yang paling mendasar untuk menetukan pemerintahan dan program pemerintah
yang sesuai dengan keinginannya .Pemilihan umum diselenggarakan Langsung, Umum
, Bebas , Rahasia , Jujur dan Adil (LUBER JURDIL).
2.4
Tinjauan tentang pengetahuan politik
Sebelum
menjelaskan pengertian pengetahuan politik maka kita harus mengetahui apa itu
pengertian pengetahuan , pengetahuan kata dasarnya adalah “tahu” dan mendapat awalan
pe dan an.Imbuhan pe – an disini ada nya
proses pengembalian.Menurut kamus besar bahasa Indonesia kata “tahu” berarti
mengerti sesudah melihat (menyaksikan , mengalami atau mengajar) , sedangkan
arti dari pemahaman hal mengetahui sesuatu segala paa yang diketahui serta
kepandaian .Pengetahuan diperoleh melalui penginderaan , pemikiran ,insting dan
lain-lain.Melalui penginderaan mahasiswa bisa memperoleh pengetahuan salah
satunya dengan membaca , mendengar , dan melihat.Dengan berbagai aktivitas tersebut
mahasiswa menjadi banyak tahu.Dengan banyak tahu mahasiswa mengetahui dapat
mengadakan studi perbandingan dan studi pertimbangan melalui kerja otaknya.Dari
faktor – faktor yang mempengaruhi kognisi individu ada beberapa faktor yang
berkaitan dengan penelitian ini diantaranya , Pertama sifat dan proses
pembelanjaran artinya mahasiswa mengkonstruksikan makna dari informasi yang
diperoleh dari media dan fakta-fakta.Kedua , tujuan proses pembelajaran artinya
ketika menyadari bahwa ia harus turut serta dalam peristiwa ataau proses
politik maka ia akan berusaha untuk mencari tahu tentang politik baik dari
media maupun buku dan sarana lainnya,ketiga , kontruksi pengetahuan artinya
mahasiswa menghubungkan informasi baru yang dia dapatkan dari media dengan pengetahuan
politik yang sudah dimiliki dengan cara yang mengandung makna tertentu.
2.5
Tinjauan tentang partisipasi politik
Salah
satu pilar penting dari demokrasi adalah partisipasi ,jika demokrasi diartikan
secara sederhana sebagai suatu pemerintahan yang berasal dari dan untuk
rakyat,maka partisipasi merupaka n sarana yang penting dalam proses kehidupan
politik bangsa.Partisipasi berasal dari bahasa inggris yaitu “participation”
yang berati pengambilan bagian atau pengikutsertaan.Dengan demikian menurutya partispasi
politik didalamnya terkandung kegiatan dan buka sikap,sikap tergolong sebagai
partisipasi bila telah berupa kegiatan.Partisipasi politik sebagai kegiatan
politik yang dijalankan oleg anggotatindakan konkrit .Partisipasi politik
sebagai kegiatan politik yang dijalankan oleh anggota masyarakat sebagai warga
negara .Dapat ditarik kesimpulan bahwa partisipasi politik yaitu keterlibatan
warga negara daam membuat keputusan melaksanakan keputusan mempengaruhi proses
pengambilan keputusan ,mempengaruhi kebijakan pemerintahan termasuk yang
berkaitan dengan keterlibatan aktif maupun keterlibatan pasif setiap individu
dalam hierarki sistem politik.
2.5.1 Dampak partisipasi politik
Dampak
partisipasi politik secara umum adalah sebagai berikut : program dan pelaksanaannya
lebih aplikatif terhadap konteks sosial,ekonomi dan budaya yang sudah ada
sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat .Hal ini meyiratkan kebijakan
desentralisasi
1. Menciptakan
rasa memiliki dan tanggung jawab diantara semua pihak terkait dalam merencanakan
dan melaksanakan program sehingga dampaknya dan begitu pula program tu sendiri
berkesinambungan .
2. Perlunya
memberikan peran bagi semua orang untuk terlibat dalam proses , khususnya dalam
hal pengambilan dan petangguang jawab keputusan sehingga memberdayakan semua
orang yang terlibat
3. Transparasi
semakin terbuka lebar akibat penyebaran informasi dan wewenang
4. Pelaksanaan
proyek atau program lebih terfokus pada kebutuhann masyarakat
2.6 Ringkasan dan Kerangka Berpikir
Berdasarkan teori tersebut dapat ditarik kesimpulan
bahwa pengetahuan politik dan pandangan politik sangat penting diterapkan pada
para pemilih pemula baik yang berusia 17 tahun , sudah menikah ataupun belum
menikah dan juga untuk mahasiswa .Mahasiswa perlu mengetahui seberapa penting
peran kita sebagai warga negara dan generasi muda dalam partisipasi politik dan
dalam penggunaan hak pilih kita.Mahasiswa perlu diharapkan memiliki pandangan
politik yang baik dan pengetahuan politik yang baik.Generasi muda seperti kita
sangat mempengaruhi kemajuan suatu bangsa dalam bidang politik dan demokrasi
.Dengan pengetahuan dan pandangan dari setiap kita (mahasiswa) dan partisipasi
kita dalam memilih para caleg dapat menekan rendah angka golput di negara kita
.
2.7 Hipotesis
Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat dirumuskan
hipotesis sebagai berikut , pengetahuan politik harus dimiliki setiap kita
sebagai warga negara , dan kita harus memiliki pandangan politik yang baik .
BAB III
METODOLOGI
3.1 Pemilihan Subjek Penelitian
Dalam suatu penelitian, perlu menentukan subjek dan
objek penelitian, yang menjadi subjek penelitian adalah orang / responden
sebagai sumber data, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah yang
menjadi pusat perhatian peneliti. Lebih lanjut dapat diuraikan sebagai berikut.
3.1.1
Populasi
Populasi
dalam penelitian ini adalah kumpulan unit-unit elementer, atau hal yang menjadi
sumber pengambilan sampel yang dipilih secara acak/random berkaitan dengan
masalah penelitian. Dalam hal ini populasinya adalah Mahasiswa/i STIKES
PERTAMEDIKA JAKARTA.
3.1.2 Sampel
Sampel
merupakan bagian dari populasi yang diambil dan dipergunakan untuk penelitian
sifat dan karakternya mewakili populasi sebagai subjek penelitian. Jumlah
sampel pada penelitian ini 31 mahasiswa dengan objek penelitiannya adalah Pengetahuan
dan pandangan pemilu legislatif 2014 di kalangan mahasiswa.
3.2 Teknik Pengumpulan Data dan Analisis data
Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang
dipakai adalah metode angket. Angket digunakan untuk mengetahui Pengetahuan dan
pandangan pemilu legislatif 2014 di kalangan mahasiswa.
3.2.1
Teknik Pengumpulan Data
Memberikan
kuesioner ke beberapa ke beberapa mahasiswa/i Stikes Pertamedika Jakarta , dengan memberikan beberapa pertanyaan yang
menyangkut tentang Pengetahuan dan pandangan pemilu legislatif 2014 di
kalangan mahasiswa.
3.2.2
Analisis Data
Dengan
cara menarik kesimpulan dari beberapa orang yang diwawancarai dan menjumlahkan
hasil dari kuesioner lalu mengubah hasil tersebut menjadi persentase. Dan
mengumpulkan jawaban mereka dan alasan mereka dari alat perekam suara yang
digunakan saat mewawancarai mereka.Untuk menghitung persentase jawaban yang
diberikan responden tersebut, peneliti menggunakan rumus seperti berikut :
P
= F/N x 100%
P
= Persentase
F
= Frekuensi yang sedang dicari
persentasenya (frekuensi jawaban)
N
= Jumlah responden
3.3
Alat Pengumpul Data
Alat
pengumpul data yang digunakan adalah membagikan kertas kepada para responden.
3.4
Metode Analisis
Analisis
ini berdasarkan metode deskriptif analisits, yaitu mengidentifikasi
permasalahan berdasarkan data yang ada.
BAB IV
PELAKSANAAN PENELITIAN
4.1 Pengolahan / Analisis Data
Berdasarkan
penelitian , penulis membuat pengolahan data berdasarkan analisis dan modus /
mean dari angket di ajukan . Banyaknya butir soal dari angket adalah 13
pertanyaan .Dari setiap butir pertanyaan penulis mengungkapkan tentang
pengetahuan dan cara berpandang mahasiswa terhadap pemilu legislatif 2014 .Contoh
dan hasil angket terdapat pada halaman berikutnya.
4.2
Analisis Deskriptif
Analisis deskriptif digunakan untuk
mengetahui gambaran pengetahuan dan pandangan pemilu legislatif 2014 di
kalangan mahasiswa . berdasarkan distribusi frekuensi jawaban responden dan
tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner. Item-item pertanyaan dalam variabel pengetahuan dan pandangah
tersebut secara keseluruhan digambarkan dalam bentuk table deskripsi frekuensi.
Dalam hal ini penulis melakukan dengan analisis deskriptif frekuensi, sehingga
diketahui frekuensi, persen dari setiap item pertanyaan. Untuk memberikan
gambaran hasil penelitian setiap variabel yang diteliti.
TABEL HASIL
ANGKET MAHASISWA/I STIKES
PERTAMEDIKA
No
|
Nama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
1
|
Ajeng
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
b
|
a
|
2
|
Anggi
|
a
|
b
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
a
|
a
|
3
|
Arinda Kharima
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
a
|
a
|
4
|
Ayu Parlisa
|
a
|
b
|
b
|
b
|
b
|
b
|
c
|
a
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
5
|
Azis Djulpian
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
c
|
a
|
c
|
a
|
b
|
b
|
b
|
6
|
Ballerina Lairisa
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
a
|
7
|
Dwi Meilani
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
c
|
a
|
a
|
a
|
a
|
8
|
Enno
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
a
|
9
|
Erina Mustika
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
c
|
a
|
c
|
b
|
b
|
b
|
b
|
10
|
Euis Elihyani
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
c
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
a
|
11
|
Fista
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
b
|
b
|
b
|
a
|
12
|
Gitana Cencia
|
a
|
b
|
a
|
a
|
b
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
b
|
b
|
a
|
13
|
Ika Nurfadilah
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
14
|
INA
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
b
|
a
|
a
|
15
|
Isna Sefia
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
b
|
16
|
Lidya Sri Damarwanti
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
b
|
a
|
a
|
17
|
Lulu Hilwani Sarah
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
18
|
M Taufik
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
a
|
19
|
Melani Permata Sari
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
a
|
20
|
Meyliana Widias U
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
21
|
Nanik Kuswanti
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
22
|
Nicky Galih Pratiwi
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
23
|
Novayanti Anggraini
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
b
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
a
|
24
|
Octafianti Arini
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
b
|
25
|
Retno Febriyanti
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
b
|
a
|
26
|
Rista Larasati Romaz P
|
a
|
b
|
b
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
b
|
b
|
b
|
b
|
a
|
27
|
Sarah Mutiah
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
c
|
a
|
a
|
b
|
a
|
28
|
Silvia Wirda Yunita
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
a
|
a
|
29
|
Syafitriani
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
b
|
a
|
a
|
c
|
b
|
b
|
b
|
b
|
30
|
Yunia Eka Saputri
|
a
|
a
|
b
|
a
|
b
|
a
|
a
|
a
|
c
|
b
|
a
|
b
|
b
|
31
|
Zakia Fadilah
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
a
|
c
|
a
|
a
|
a
|
a
|
Tanggapan
Hasil Angket Yang Diperoleh dari Setiap Item Pertanyaan
No
|
Item Pertanyaan
|
Tanggapan Responden
|
N
|
|
|||||
a
|
b
|
c
|
|||||||
f
|
%
|
f
|
%
|
f
|
%
|
|
|||
1
|
item 1
|
31
|
100
|
0
|
0
|
0
|
0
|
31
|
|
2
|
item 2
|
27
|
87,09
|
4
|
12,90
|
0
|
0
|
31
|
|
3
|
item 3
|
28
|
90,32
|
3
|
23,07
|
0
|
0
|
31
|
|
4
|
item 4
|
29
|
93,55
|
2
|
6,45
|
0
|
0
|
31
|
|
5
|
item 5
|
18
|
58,06
|
13
|
41,93
|
0
|
0
|
31
|
|
6
|
item 6
|
26
|
83,87
|
5
|
16,12
|
0
|
0
|
31
|
|
7
|
item 7
|
23
|
74,19
|
2
|
6,45
|
6
|
19,35
|
31
|
|
8
|
item 8
|
31
|
100
|
0
|
0
|
0
|
0
|
31
|
|
9
|
item 9
|
7
|
22,58
|
2
|
6,45
|
22
|
71
|
31
|
|
10
|
item 10
|
25
|
80,64
|
6
|
19,35
|
0
|
0
|
31
|
|
11
|
item 11
|
20
|
64,51
|
11
|
35,48
|
0
|
0
|
31
|
|
12
|
item 12
|
8
|
25,81
|
23
|
74,19
|
0
|
0
|
31
|
|
13
|
item 13
|
25
|
80,64
|
6
|
19,35
|
0
|
0
|
31
|
Dari
data tabel di atas peneliti menganalisis bahwa item pertanyaan no 1-6 terdapat
85,48% responden mengetahui adanya
pelaksanaan pemilu legisatif 2014 , mengetahui informasi , terdaftar sebagai
pemilih , mengecek keberadaan , serta menggunakan hak pilih pada pemilu legislatif
2014 , pada item pertanyaan no 7 terdapat 74,19% responden yang sadar akan hak sebagai warga
negara dalam pemilu legislatif 2014 , untuk item pertanyaan no 9 hanya 6,45%
responden saja yang mengetahui jumlah parpol yang mengikuti pemilu , untuk item
pertanyaan no 13 terdapat 80,64% responden yang menerima hasil pemilu
legislatif 2014 .
BAB V
PENUTUP
Berdasarkan pembahasan yang telah peneliti uraikan
pada bab sebelumnya mengenai pengetahuan dan pandangan pemili legislatif 2014
di kalangan mahasiswa , maka peneliti mencoba menyusun kesimpulan dan saran.
5.1 Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan
politik harus dimiliki setiap warga negara terutama para generasi muda , karena
generasi muda yang menjadi penetu kemajuan suatu bangsa . Setiap warga negara
wajib memiliki hak untuk memilih pada pesta demokrasi yang dilakukan 5 tahun
sekali. Warga negara juga harus memiliki pandangan yang baik tentang politik
terutama pada pemilihan umum .Jadi dengan memiliki pengetahuan dan pandangan
poitik yang baik dan partisipasi politik setidaknya kita mampu menekan rendah
angka golput pada pemilu.
5.2 Saran
Setelah ditarik kesimpulan sebagaimana tersebut diatas
selanjutnya peneliti mengajukan beberapa saran, yaitu hendaknya para instansi
yang terkait dalam pelaksanaan pemilu memberikan sosialisasi yang terkoordinir
dan merata di setiap lapisan masyarakat terutama pada pemilih pemula .
DAFTAR PUSTAKA
§ Djumharijinis
, 2014 , Pendidikan Pancasila Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (Suplemen Materi
Perkuliahan) Widya , Jakarta.
§ Sumarsono ,
2002 , Pendidikan Kewarganegaraan , Gramedia , Jakarta
§ Saragih R
Bintan , 2001 , Lembaga Perwakilan dan Pemilihan Umum Di Indonesia ,Gaya Media
Pratama , Jakarta
§ Budiardjo ,
1990 , Partisipasi dan Partai Politik , Gramedia , Jakarta
§ Muchji
Achmad dkk , 2007 , Pendidikan Pancasila (Buku Teks Pendidikan Pancasila
Universitas Gunadarma) , Universitas Gunadarma , Jakarta
§ www.google.com
Lampiran
CURRICULUM VITAE
Data Pribadi
Nama : Roby Aditya Negara
Jenis
Kelamin : Laki-laki
Tempat,
tanggal lahir : Bengkulu,28 Desember 1994
Kewarganegaraan : Indonesia
Status
perkawinan : Belum
Menikah
Tinggi,
berat badan : 170 cm,
56 kg
Kesehatan : Baik
Agama : Islam
Alamat
lengkap : Jl.Kober Gg Mawar No.13 Rt.04
Rw.04
Nomor
Hp : 081214726324
Pendidikan
2010
-2013 : MAN
1 MODEL KOTA BENGKULU
2007-2010 : SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU
2001-2007 : SD NEGERI
35 KOTA BENGKULU
Kemampuan
·
Dapat Berkomunikasi dengan baik
·
Dapat Mengoperasikan komputer (Ms. Word,
Ms. Excel, PowerPoint, internet)
Pengalaman
ber-organisasi
·
Pernah mengikuti kegiatan organisasi
PIK-LKRR (Kesehatan Reproduksi Remaja)
·
Menjadi anggota panitia seminar
penyuluhan HIV/AIDS
Lampiran
KUESIONER
(ANGKET ) PENELITIAN
FAKULTAS
EKONOMI AKUNTANSI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
“Pengetahuan
dan Pandangan Pemilu Legislatif 2014 di Kalangan Mahasiswa”
Oleh:
ROBY
ADITYA NEGARA
28213044
KETENTUAN:
1. Kuesioner
(angket) ini semata-mata untuk kepentingan akademis, mohon dijawab dengan jujur
2. Bacalah dan jawablah pertanyaan dibawah
ini dengan teliti tanpa ada yang terlewatkan
3. Berilah tanda (X) atau (O) pada jawaban
yang menurut anda tepat
DATA RESPONDEN
1. Nama :
2. Usia :
3. Jenis Kelamin : L / P
4 . Instansi :
PERTANYAAN
1.
Apakah
anda mengetahui adanya pemilihan umum legislatif pada tahun 2014 ?
a.
Ya b. Tidak
2.
Apakah
anda tergolong pemilih pemula dalam Pemilu legislatif 2014 ?
a.
Ya b. Tidak
3.
Apakah
informasi mengenai Pemilu legislatif 2014 penting untuk anda ketahui ?
a.
Ya b. Tidak
4.
Apakah
anda sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu legislatif 2014 kemarin ?
a.
Ya b. Tidak
5.
Apakah
anda pernah mengecek keberadaan nomor identitas Anda pada DPT (Daftar Pemilih
Tetap) Pemilu legislatif 2014?
a.
Ya b. Tidak
6.
Apakah
anda menggunakan hak pilih anda saat pemilu legislatif 2014 ?
a.
Ya b. Tidak
7.
Apakah
alasan anda untuk menggunakan hak pilih saat pemilihan umum legislatif 2014?
a.
Sadar
akan hak sebagai warga negara
b.
Karena
memperoleh imbalan (uang, sembako, jabatan)
c.
Ajakan
keluarga/ teman/ tokoh masyarakat
8.
Pada
tanggal berapa pemilu legislatif 2014 dilaksanakan ?
a.
9
April 2014 c. 4 April 2014
b.
13
April2014
9.
Berapa
partai politik nasional yang ikut dalam pemilu legislatif 2014 ?
a.
13
partai c. 11 partai
b.
12
partai
10.
Pernahkah
anda melihat,mendengar dan menonton kampanye calon anggota legislatif?
a.
Ya b. Tidak
11.
Apakah
Anda menentukan pilihan calon anggota legislatif berdasarkan kampanye yang anda
lihat, dengar atau tonton?
a.
Ya b. Tidak
12.
Hal
apa yang menjadi pertimbangan Anda memilih partai politik tersebut?
a.
ideologi/
aliran partai politik
b.
Visi/
misi kampanye partai politik
c.
Citra
partai politik
13.
Apakah
anda menerima hasil pemilihan umum legislatif 2014 ?
a.
Ya b. Tidak
Terima Kasih kepada Teman
– Teman yang telah bersedia mengisi kuesioner (angket) ini . Saya berharap , semoga
bisa bermanfaat untuk kita semua.
Komentar
Posting Komentar